Diabetes melitus dapat menyerang siapa saja pada usia berapa saja dan pada kondisi bagaimana saja. Pun demikian pada komdisi seorang ibu hami. Diabetes dapat menyerang di kala seorang ibu tengah mengandung. Hal ini dapat dipicu dengan kondisi kesehatan ibu secara keseluruhan . Riwayat kesehatan ibu sebelum hamil menjadi faktor yang sangat mempengaruhi hal ini. Marilah kita bahas lebih lanjut  hal-hal yang dapat mempengaruhi timbulnya penyakit diabetes melitus pada ibu hamil.

Faktor-faktor yang mempengaruhi diabetes pada ibu hamil :

  • Riwayat kesehatan keluarga. Seorang yang memiliki orang tua dengan diabetes melitus akan memiliki kemungkinan lebih besar terkena diabet juga. Walaupun bukan berarti setiap orang dengan orang tua diabet akan menjadi penderita diabet juga.
  • Berat badan. Setiap ibu hamil yang sehat akan bertambah berat badannya pada masa kehamilan. Hal ini wajar mengingat sistem tubuh yang otomatis “memerintah” ibu untuk makan lebih banyak karena harus berbagi dengan sang janin. Namun bila kelebihan berat badan ini diatas rata-rata seharusnya, maka perlu diwaspadai dengan penyakit lain yang mungkin hinggap “memanfaatkan” kondisi overweigth ini. Bisa jadi diabetes melitus malah mengincar anda.
  • Kegiatan ibu hamil. Apakah ibu malas bergerak atau rajin beraktifitas. Olahraga sangat baik untuk semua orang. Asalkan diterapkan pada situasi yang benar. Olahraga untuk seorang atlet akan sangat jauh berbeda dengan olahraga yang dilakukan untuk orang biasa walaupun melakukan olahraga yang sama. Pun halnya dengan ibu hamil. Akan sangat menunjang kesehatan apabila ibu hamil tidak malas melakukan olahraga.
  • Obat-obatan, Seorang ibu hamil biasanya mendapat suplai obat-obatan atau vitamin dari dokter. Perlu diperhatikan dampak dari obat-obatan tersebut. Walaupun dokter akan memberikan obat yang sangat aman sekalipun adakalanya efek samping obat dan vitamin itu dapat menjadi pemicu suatu kondisi medis lain.

Kondisi hamil adalah kondisi yang sangat rentan bagi hampir setiap ibu. Karena kelemahan fisik inilah dibutuhkan dukungan dan dorongan yang luar biasa dari orang-orang terdekatnya. Untuk menjalani pola hidup sehat haruslah dipahami baik oleh ibu maupun keluarga.