Bayi yang baru lahir memerlukan perawatan khusus yang berbeda dengan anak-anak yang sudah mulai beranjak dewasa. Karena dalam merawat bayi yang baru lahir terdapat beberapa hal penting yang mesti diperhatikan orang tua dan para pengasuh bayi. Langsung saja berikut hal penting yang perlu anda perhatikan dalam perawatan bayi yang baru lahir.

Memandikan bayi

Proses memandikan bayi yang baru lahir merupakan salah satu proses perawatan bayi yang terkadang ditakuti oleh para orang tua. Sehingga tak sedikit orang tua yang ragu ketika akan memandikan bayi mereka. Sebenarnya memandikan bayi ini merupakan perawatan yang simple dan sederhana. Dalam memandikan bayi yang baru lahir sebaiknya gunakanlah air hangat yang telah dicampurkan dengan sedikit sabun khusus bayi. Setelah memandikan bayi pastikan anda mengeringkan setiap bagian tubuh bayi dengan sempurna terutama pada bagian-bagian lipatan dan tali pusar.

Baju bayi

Hal penting lainnya yang perlu anda perhatikan betul dalam proses merawat bayi yang baru lahir yaitu memilih baju bayi yang nyaman digunakan. Kulit bayi masih sangat sensitif sehingga mudah mengalami luka dan iritasi. Maka dari itu sebagai orang tua anda harus pandai-pandai memilih baju bayi yang nyama terbuat dari bahan yang lembut, dapat menyerap keringat dan dingin di kulit. Dengan begitu maka bayi tidak akan mudah mengalami masalah kulit seperti luka atau iritasi.

Posisi bayi tidur

Hal terakhir yang juga patutanda perhatikan apabila memiliki bayi yang baru saja lahir yaitu posisi tidur bayi tersebut. Bayi memiliki siklus dan waktu tidur yang jauh berbeda dengan orang dewasa. Aapabila orang dewasa biasanya tidur antara 6 sampai 8 jam maka bayi bisa tidur selama 20 jam selama sehari yang terbagi ke dalam beberapa periode. Posisi tidur bayi yang paling direkomendasikan yaitu tidur terlentang agar bayi bisa terhindar dari sindrom SIDS yaitu sindrom kematian mendadak pada bayi. Sebagai tambahan hindarkan berbagai benda yang bisa menutupi kepala bayi agar bayi dapat bernafas dengan leluasa.